Pertemuan & Perpisahan Penuh Hikmah Seleksi PDW 2012

 Perpisahan penuh Hikmah dengan Pria Kurus Putra Padang nan Hebat itu.....Ihsan (Ujang Lepay)!! Tepat di Perempatan Pahlawan Cikutra sebelum aku naik ke angkot menuju terminal Lw Panjang pulang menuju Depok pukul 21.00 wib, Sekali lagi aku tanyakan dengan jelas kepada sahabat yang baru saja 3 hari ini kukenal dengan cara yang unik di Seleksi Pendidikan Dasar Wanadri (PDW 2012) ini...
 "aku : Yakin Kau Ihsan, Ihsan mau mengembara dibandung yang luas ini malam ini ?? (padahal sebelumnya berulang ulang kutawarkan bermacam macam tempat untuk dia tinggal selepas seleksi ini menuju ke pengumuman)""
 Ihsan : Nda mas...Ini hidupku, tolong pesrcaya sama Ihsan, Ihsan kan dah bilang kalau ihsan mau memulai semua kehidupan Ihsan ini dari "0" dimana dimana itu dimulai dari Depok-Cikutra Bandung...selanjutnya biar Allah yang bantu Ihsan, dimana saja mau menempatkan Ihsan.....ya kaya sekarang ini..awalnya Ihsan benar benar khwatir setelah sampai jakarta, lalu ke bandung akan kemana-mana sebatang kara...tp ternyata toh Ihsan masih bisa bersama Mas di bandung 4 hari...ini kan namanya Rejeki yang tidak disangka sangka....
 Aku : Yo wis kalau gitu kalau Ihsan memang sdh punya keyakinan seperti Itu, berarti kita memang sudah ditakdirkan berpisah disini...(lalu kami bersalaman dan berpelukan), bodohnya aku ini kenapa 4 hari ini bersama pria itu ngga ada satupun poto yang aku abadikan bersamanya.....


Tes Seleksi Pendidikan Dasar Wanadri yang diselenggarakan 4 Hari di Bandung ini memang menjadi moment yang sangat dinantikan bagi kami para Calon Siswa PDW yang akan bertarung nanti. Semua Hasil Latihan yang telah diriku lakukan setiap minggu akan diuji disana, bersaing dengan 180an peserta dari seluruh indonesia yang semua mempunyai semangat gila hanya untuk menjadi bagian dari keluarga Besar Wanadri. Beberapa tes yang wajib diikuti bagi para calon siswa, seperti Tecnical meeting, Medical Check Up, Psikotest, Kemampuan Dasar tentang Alam, Tes Fisik dan diakhiri dengan renang, sungguh suatu rangkaian kegiatan yang amat sangat melelahkan. Bebondong bondong calon siswa saling berkoordinasi dari wilayah timur indonesia sampai ke barat, Seperti Surabaya, Jateng, Jabar, Padang, Maluku, Aceh, Palu, Balikpapan, dsb...berhimpun menuju satu kota yaitu Bandung untuk bersama berjuang melewati seleksi awal jembatan sebagai Siswa Wanadri...

Ada satu hal yang menarik dliluar dari tes itu sendiri, dimana aku mengenal saudara saudara baru dari berbagai penjuru, saling menasihati, memotivasi, dan memberikan semangat...yah maklum baru tahun 2012 inilah baru kesampaian aku bisa mewujudkan keinginan yang setelah sekian lama tertunda karena berbagai macam hal...tapi sekali lagi ini baru tes, belum menjadi siswa..., disinilah awal pertemuan & persahabatanku dimulai dengan berkenalan dengan seorang Putra Padang yang kurus kering penuh dengan hikmah.

Rasanya seperti baru beberapa jam yang lalu bertemu, tp kok dah berpisah lagi...maklum pertemuan dengan Ihsan ini sangan singkat dan tidak terencana...Setelah satu minggu lamanya berkoordinasi dengan sesama calon siswa yang berasal dari depok untuk membicarakan teknis pemberangkatan menuju bandung, namun di akhir akhir semua mengalami perubahan besar karena masing masing Casis sudah memiliki rencana sendiri dalam hal pemberangkatan menuju Bandung. Akhirnya keputusan final buatku untuk meluncur kebandung dengan Backpaker sendiri pun terjadi malam sebelum hari pertama technical meeting dilaksanakan di Gedung PMI Jl. Aceh Bandung. Aku putuskan berangkat malam hari karena siangnya aku harus sedikit merampungkan kerjaan kerjaan yang masih menggantung.

Menjelang pemberangkatan malam sebelumnya ada hal yang tidak diduga duga, bayangkan rencana bulat untuk berangkat kebandung sendiri Rabu malam lalu, tiba-tiba ada sms masuk sore sebelumnya ada orang yang minta jalan bareng ke bandung karena sebatang kara tidak tau rutenya bila berangkat dari Depok. Pria dengan wajah lelah ini tampak sekali dari wajahnya karena dari pagi pagi sekali sudah meninggalkan PADANG menuju Jakarta dan singgah ke Depok untuk berangkat seleksi di Bandung bersamaku. Pria ini sempat menunggu dengan sabar di kantorku sampe jam 20.30 wib menunggu sy menyelesaikan kerjaan, lalu ikhlas mau kuajak pulang dulu kerumahku ambil pelengkapan dengan vespa butut....dan akhirnya bersama mengarungi malam di Kp Rambutan pukul 2.30 wib menunggu bis menuju bandung.

 Ihsan (ujang Lepay), tampang, wajah sumatra, dan perawakannya yang kurus bila hanya dilihat secara kasat mata sangat bertolak belakang dengan Kepribadiannya....Laki-laki yang Jujur, Polos, berbicara apa adanya, dan selalu menggunakan kata "Maaf Mas" disetiap awal kata berbicara.....Ihsan yang memiliki segudang Cerita yang semua nya tentang perjalanan hidup yang penuh Hikmah. Seorang Ihsan yang aktivitas keseharian kadang suka freelance menjadi pemandu bule mengenal kota padang, karena kepolosan dan kejujurannya sehingga banyak wisatawan yg segan dengan lelaki kurus ini, hingga suatu waktu ada seorang bule dari Australia menghadiahkan tiket dan biaya berlibur ke Bali untuk seorang Ihsan(Ujang Lepay)....setelah matang menghitung perjalanan dan waktu menuju Bali nyaris 90% akan berangkat, namun tiba tiba jarinya tidak sengaja memencet salah satu tombol keyboard saat ia berada di warnet, lalu munculah di layar monitor "Pendidikan Dasar Wanadri 2012" , entah pergulatan Batin macam apa itu akhirnya sampailah kepada keputusan yang membuat dia berikrar ingin memulai kehidupannya dari "0", Ihsan menguburkan dan membatalkan bulat bulat perjalanan ke Bali dan menggunakan biaya Akomodasi tersebut untuk biaya sampai ke Kota Bandung hanya untuk "PDW 2012" wow...

Tes Seleksi PDW 2012 ini memang sangat Disiplin dan Ketat, setiap harinya Jam 06.00 pagi Teng...seluruh Calon Siswa sudah harus berbaris di Lokasi yang sudah ditentukan, semua ditempat yang berbeda dan jarak yang sangat jauh seperti Klinik Padjajaran Jatinangor, BPIP UNPAD Dago, Sabuga...disana kami harus menunjukan apa yang sudah selama ini dilatih. Dari sini nuansa kekeluarga, persahabatan, dan Ikatan sebagai satu keluarga  besar Calon Siswa Wanadri sudah mulai terbentuk...antara satu dengan yang lainnya saling berlomba lomba memberikan bantuan dan berempati kepada  siswa yang satu kepada siswa yang lain..dari mencarikan tempat tinggal, makan, transportasi, dsb, bersama Ihsan aku mengikuti semua itu dengan banyak cerita dan hikmah didalamnya.

Bersama Ihsan selama 4 hari ini sangat beda sekali, siapa sangka orang yang Pemalu, rajin, saat bersamaku numpang tinggal di rumah saudaraku selama seleksi dibandung, mencuci piring, merapihkan hal-hal yang dirasa berantakan...hufff ternyata dalam kenyataanya laki-laki kurus ini adalah seorang Pelatih Taekwondo di padang, yang memiliki identitas resmi dari Organisasi taekwondo di Korea, Kemampuan berbicara Bahasa Inggrisnya juga sangat tidak diragukan....dalam setiap cerita cerita hidupnya, tidak pernah sy mendengar atau keluar dari mulutnya tentang heroisme atau menonjolkan diri seorang Ihsan, hampir semua ceritanya di sampaikan dengan cara yang datar dan unik dan untuk didengarkan, dan terus berusaha merendah...(dalam hatiku bergumam Unik sekali putra padang satu ini)..hanya dengan interaksi langsung barulah bisa merasakan betapa hebatnya seorang Ihsan (ujang lepay)...konotasi hebat bukanlah seorang Hero yang kekar,kuat,dan segalanya...tp dalam bingkai spirit kejujuran dan moralitas yang luhur akan adab dan kepercayaan.

 "Dari balik jendela Bis Taruna Jaya di leuwi Panjang pukul 22.00 wib, sebelum meninggalkan bandung...wajah pria hebat itu seakan akan muncul di kaca dan dan memoriku, lalu bertanya..
 "Sedang apa dia sekarang..."Kemana Dia melangkah malam ini disaat tubuh ini lelah dihantam oleh tes fisik seharian...""

 "Selamat Mengembara Sahabatku Ihsan (Ujang Lepay)....berbuat baiklah terus...hingga kebaikan kebaikan datang membantu pengembaraanmu...di Bandung dan Kota lain yang hendak langkahmu pijakan...."!!

Untuk Sahabatku yang Pulang saat Seleksi Kemaren karen kemauan Tim Medis....Tegar lah..teruslah tersenyum dan senantiasa tetap berpikir positif..buat sy sebagai Petualang hikmah...Kedewasaan dan kemuliaan kita sebagai seorang yang tegar dan tangguh adalah selalu menerima kenyataan hidup yang Pahit dan terjelek sekalipun yang kita terima dengan riang, ikhlas dan sabar....optimis saja dengan langkah dan rahasia Allah dalam jutaan takdir2nya yang menggantung yang ada di depan kita ini yang masih tertutup oleh Tabir, yang siap dipetik...dengan sejauh mana kita mau trus berprasangka baik Kepada Allah dalam mendapatkan takdir yang baik itu...Bumi ini masih terlalu luas bila hanya untuk sekedar meledakkan isi dari potensi diri kita ini....jadi jangan khawatir dan terus terbelenggu dalam penyesalan yang membuat sempit paru paru ini menghirup nafas dan pembuluh darah ini memompakan siklus2 darah....tersenyumlah, bangun dan lihat lah keluar...berjalan dan busungkan dadamu untuk menikmati kehidupan dan takdir baik yang menggantung yang siap dipetik diluar sana dengan tersenyum, riang dan penuh keyakinan.....yang terakhir semoga bermanfaat, Hilangnya rasa ragu, Takut dan lemah adalah kunci sakinahnya hati ini menjalani hidup dengan penuh rasa ptimis dan keyakinan....Bravo sahabatku Sang Alang, Pak Asep Rostaman, Leonita, dan bebereapa lagi yang tidak saya sebut namanya...ini bukan akhir segalanya...

 Buat Sahabatku yang lain, yang memiliki gelar sama sperti saya yaitu seorang Casis...senang bisa bertemu kalian orang orang hebat selama seleksi berlangsung, terus bersemangat dan bergembiralah....Semoga kita bersama Lulus dan masuk menuju perjuangan yang sesungguhnya di Pendidikan Dasar Wanadri di Situ Lembang hingga lulus dan di Lantik di Kawah Upas......WANADRI...!!

1 komentar:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-5.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Popular Posts

agusonpapers. Diberdayakan oleh Blogger.