Desain Kerajinan Tangan Clay dari Heno Art




Satu waktu, saya melihat sesorang menggunakan gantungan kunci maupun bross yang menurut saya cukup unik desainnya. Saya pikir banyak aksesoris semacam itu yang dijual dipasaran dengan bahan plastik, namun ketika saya berbincang kepada orang yang mengenakan bross tersebut, ternyata itu buatan tangan langsung, dan terbuat dari bahan clay.


  


Hmmmhh....Clay? tanah liat kah!

Karena yang ada dalam pikiran saya dulu, sewaktu kecil suka bermain dengan tanah liat dan membentuk bermacam-macam bentuk dari tanah liat untuk dijaidikan mainan. Tapi ternyata clay yang ada di hadapanku ini terbuat dari tepung sebagai pengganti tanah liat, dan saat ini ternyata banyak bahan lain yang bisa di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan seperti tepung, roti, lilin, bubur kertas, polymer, dan lain sebagainya, yang pada akhirnya tetap saja orang akan menyebutnya dengan bahan clay.


Kalau untuk penjelasan terkait dengan bahan, banyak sekali website yang membahas dan menjelaskan tentang pembuatan dan campuran bahan sehingga masyarakat bisa mengikuti atau membuat sendiri dirumah. Saya tertegun atas model clay yang saya lihat, modelnya lucu, desainnya unik, detail, dan saya pikir yang membuatnya kok ya telaten banget, karena buatan tangan tidak menggunakan alat cetak seperti mainan plastik pada umumnya.

Berangkat dari momen tersebut, saya penasaran dan kemudian mencari dimana clay itu dibuat. Akhirnya saya bertemu dengan pengrajin sekaligus ownernya langsung, meskipun dengan waktu yang singkat saya sempat melihat beberapa proses yang sedang dikerjakan, dan juga mencoba memesan dengan model yang saya inginkan.

Membuat satu bross saja tidak mudah, apalagi ketika saat membuat desan apa yang mau dibuat dan fashion seperti apa yang akan ditetapkan. karena dalam proses pembuatannya itu tidak sekaligus seperti membuat kerajinan patung atau ukiran pada umumnya, dimana satu persatu bagian partisi dibuat terpisah, baik dari kaki, celana, baju, tangan, kepala, bunga, dsb, yang kemudian setelah semuanya terbentuk baru disatukan menjadi satu bagian utuh.






Untuk proses pembuatannya seperti yang saya lihat, dimulai dari perisapan claynya yang sudah siap, persis seperti tanah liat atau malam (lilin) yang kenyal. Clay tersebut dicampur pewarna, sesuai dengan warna yang sudah disiapkan sketsanya, kemudian dipisahkan dipotong sesuai dengan kebutuhan untuk membuat bros atau gantungan kunci. Selanjutnya adalah membuat model dengan keahlian tangan, ada yang menggunakan cetakan khususnya bagian kepala, itupun cetakannya dibuat manual dengan menggunakan bahan semacam foam kusus. Dengan telaten dan tingkat kesabaran tinggi, para pengrajinnya membuat satu persatu semua bagian komponen tersebut sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Kemudian tahap akhir adalah proses pengeringan, ini adalah proses terlama dalam pembuatan bros produk dari Heno Art ini, karena menggunakan bahan cold porcelaine sehingga proses pengeringannya hanya menggunakan sirkulasi udara ruangan yang sejuk, bisa membutuhkan waktu lebih dari 2 hari untuk sampai benar-benar kering dan kuat.








Untuk Heno art sendiri, dengan ownernya yang bernama Hesti Adillah, saya beruntung bisa mengenalnya langsung dan berbagi ilmunya. Karena ternyata beliau sering mengisi kelas dan pelatihan clay di beberapa kota di indonesia, dan beberapa kali beliau dengan produk Heno Artnya masuk dalam acara Pegi-Pegi di Net TV yang di presenteri oleh Andre dan satu lagi saya lupa namanya.

Dalam kunjungan silaturahim saya, saya pun coba mengetes kira-kira bisa ngga membuat bross dengan apa yang ada dalam pikiran saya....dan ternyata hasilnya inilah dia...




Kamu berminat, bisa loh menghubungi saya....*senyum cerah


47 komentar:

  1. Wah ada kubbu.. 😀😀

    BalasHapus
  2. lucu banget n kreatif dan pinter bikin mukanya yg kecil jadi imut dan cantik..btw penyiar pasangan Andre namanya Hesti Purwadinata. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betul...hesti juga namanya baru inget

      Hapus
  3. Lucu ya bentuknya... Clay-nya itu dibakar lagi setelah dibentuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga...cuma di angin anginin aja sih...ngeringinnya

      Hapus
  4. Imut imut menggemaskan dan berkelas ya. Pengen punya euy, terutama yang ada Kubbu nya

    BalasHapus
  5. wah keren, kreatif banget. cocok buat hadiah dan oleh2

    BalasHapus
  6. wah bentuk dan desainnya lucu2 ya.
    kreatif banget, bang!

    BalasHapus
  7. Keren bang, lucu-lucu lagi bentuk-bentuknya.

    BalasHapus
  8. Lucuuu banget, ada toko onlinenya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada..klik aja foto gambarnya, tapi kalau yang kubbu mah via grup wa aja...

      Hapus
  9. Ya ampun, itu lucu-lucu banget! Mau dong dibisikin harganya berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kusus yg kubbu dan anggota kubbu harganya 50rb, kalau harga kerajinan brossnya sendiri dari heno art harganya diatas 65rb dan 100rb

      Hapus
  10. Eh ada Kubbu-nya :D
    Kreatif sekali dan bentuknya lucu-lucu, ini tempatnya di mana Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah pembuatannya di jatimakmur kranggan

      Hapus
  11. Baru tahu Clay bisa dibuat kerajinan Bross yg lucu2. Jdi bikin kreatif nih.. makasih infonya.

    BalasHapus
  12. Keren ini, bisa jadi komoditas ekspor :) Yang ada logo Kubbu-nya bisa tuh Mas dijadiin souvenir. hehehe..

    BalasHapus
  13. Waah ternyata pengeringannya bisa 2 hari ya.. lucu sekali bentuknya 😍😍

    BalasHapus
  14. Aku juga awalnya mikir tanah liat. Tapi pas dibaca dan liat gambar ternyata bukan. Kreatif mas 😊

    BalasHapus
  15. Klo saya yang bikin bentuknya pasti abstrak. Tidak ada bakat di bidang seni rupa. Tapi clay bisa salah satu ide kreatif buat jualan tuh.Unik jadi saingannya juga sedikit.

    BalasHapus
  16. Hasil buatanmu kok cantik bgt sih mba?
    Anyway yg di foto itu yg buat anak kecil ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu anaknya yg dah diajarin bikin clay handmade

      Hapus
  17. harus telaten bgt ini buatnya
    keren clay nya.
    https://helloinez.com

    BalasHapus
  18. Pengen banget belajar bikin clay setelah baca tulisan Mas Agus ini. Tapi motorik aku ga bagus, mewarnai pun bleberan, bisa ga ya. Tiba2 minder

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget Mbak Yun. malah dulu aku pas mata kuliah seni rupa disuruh gambar aja jiplak lho. Ya Allah, motorik ku aneh banget hahahha.

      Hapus
    2. saya aja cuma menatap aja kok ga ikut buat...hahah...sama ikut jualin aja deh...sekali dayung dua tiga pulau terlewati

      Hapus
  19. Ngerjain kerajinan seperti itu pasti butuh kesabaran, ketelitian dan ketekunan.

    BalasHapus
  20. Kreatif dan unik banget. ditambah bikinnya harus penuh kesabaran dan telaten. keren.


    BalasHapus
  21. Lucu bgt ada logo kubbu nya...jd pgn beli buat souvenir hehe

    BalasHapus
  22. Lucu-lucu bangeeet. Kreatif nih, bisa buat usaha. Semoga bisa segera ekspor, ya :)

    BalasHapus
  23. kereen, bisa jadi usaha sampingan disaat weekend biar produktif

    BalasHapus
  24. Sungguh kreatif sekali kau bang!

    BalasHapus
  25. So cute dan bernilai jual.
    Bisa di jajakin tuh peluang bisnisnya..semangat

    BalasHapus
  26. wahhh... ini menarik untuk souvenir kubbu...
    https://www.ekasiregar.com

    BalasHapus
  27. Wuahhh ukhtiy Kubbunya maooo....

    Ini kece lohh.. ada alamat IG store Heno art buat dikunjungi sist? 😹

    Betewe ini klo udh jadi semacam keramik yg kalau kebanting retak gak mas?

    BalasHapus
  28. Keren yah klo bisa buat... bagus2.

    Itu kalimat terakhirnya marketing banget wkwkwk

    BalasHapus
  29. Lucu banget clay art nya.. .

    BalasHapus
  30. Keren mas karyanya. Lucu! Ada Kubbu lagi hehe

    BalasHapus

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Popular Posts

agusonpapers. Diberdayakan oleh Blogger.