"Air Mata Malam Itu Melekat Sampai Hadirmu Kembali" (True Story)

Kejadian ini terjadi tahun 2011 silam.....

Kulihat jam yang berada di dinding yang menempel pada meja bundar tempat logo workshop coqelat printing berada menunjukan pukul 22.00 wib, saatnya waktu jam tutup untuk segala aktifitas pekerjaan kantor ini kecuali memang ada yg lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya urgent, tetapi malam itu memang tidak ada aktifitas lembur atau pun pekerjaan lain yang bersifat urgen untuk dikerjakan. Malam itu memang rasanya sedang tidak ada minat untuk pulang lebih larut untuk mengerjakan desain yang menurutku masih bisa di lanjutkan esok harinya.

Sengaja memang Rollingdoor di tutup tidak terlalu rapat karena memang masih ada beberapa motor yang parkir, sehingga dari dalam beberapa karyawan coqelat masih bisa melihat kondisi motornya. 15 menit berselang tampak 2 gadis yang tampak tergesa gesa turun dari angkot setengah berlari menuju ke workshopku, yang satu mengenakan hijab lalu yang satu lagi temannya tidak. Karena diruangan itu hanya ada aku ya otomatis kedua gadis itu langsung menghampiriku dengan nafas yang sedikit terengah-engah dan sedikit panik. Nyaris aku mengucapkan "Wah sudah tutup printingannya", tapi sebelum aku mengucapkan itu salah satu diantaranya sudah nyeletuk duluan..lalu berkata.."Pak tolongin pak, kita dah muter-muter kesana kemari bolak-balik margonda, mana udah mau jam 11 lagi, tapi belum beres juga....
"Ini pak...bisa ngga mengecilkan file Size foto saya jadi ukuran sesuai dengan kriteria pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negri", kita sudah ke sana, ke sana juga lalu ke sana (menunjukan tempat lain) tapi operatornya ngga bisa pak padahal kan gampang ya pak"..!!!

Hmm.....dalam hatiku bergumam "Oooh gadis-gadis ini yang pada baru lulus SMA sedang sibuk mengurusi formulir pendaftaran online perguruan tinggi negri). Karena waktu penutupan pendaftaran online perguruan tinggi negeri saat itu ditutup Pukul 24.00 wib malam itu....pantas saja mereka berdua ini tampak panik. Yang mendaftar sih cuma satu, namun saya sangat bangga terhadap teman satunya yang menemani dan terus membantu agar teman satunya yang berhijab ini bisa mengirimkan formulir pendaftaran onlinenya.


Aku pun tersenyum melihat keadaan mereka berdua, akhirnya aku meminta filenya dan coba membantu menyelesaikan masalah yang menggelutinya. Kelihatannya memang sepele dan simpel...Setelah kupelajari filenya ternyata memang susah-susah gampang untuk mengecilkan file foto close up si gadis hijab satu ini sesuai dengan spesifikasi dan standard yang di tentukan dalam persyaratan online tersebut. Pantas saja operator di tempat lain tidak bisa menuntaskan masalah file ini, ternyata ada satu hal yang memang harus dirubah dulu sebelum di kecilkan. Sempat beberapa kali menemukan kegagalan, cuma buatku waktu itu bukan masalah yang krusial untuk mengerjakan hal ini, sambil aku berikan kata-kata penyemangat agar kedua gadis ABG yang sedang ingin meraih ilmu ini tidak lagi merasa panik dan takut gagal...dan akhirnya....Alhamdulillah...sontak kalimat itu keluar dari mulut kami bertiga diruangan itu bergantian....

Aku : "Tuh kan bisa...ngga ada masalah kan, masa gini aja sampe kaya kebingungan gitu...dah saya beresin lagi sekalian dokumennya tuh sama surat suratnya biar ga kececer.."
Gadis 1 (tanpa kerudung) : "Alhamdulillah Ya Allah bisa juga....lega lega, emang dah takdir kali ya Pak, padahal tadi ragu mau masuk kesini soalnya dah tutup cuman karena saya liat ada bapak masih di depan komputer kali aja bisa bantuin...ternyata bener Alhamdulillah.."
Gadis 2 (hijab) : Iya Pak...trima kasih duuh ga bisa ngomong sya plong banget....bener-bener detik-detik akhir banget soalnya bayangin aja sejam lagi..."
Aku : "Iya berarti emang dah ditakdirin begitu...saya juga dah mau pulang nih padahal, lg meriksa file-file operator saya aja....kirain mau mau nyetak, kalau mau nyetak mesinnya sudah dimatiin...
Gadis 2 : Dah rapiih...Oh iya pak..berapa biayanya...??
Aku : (Karena cuma begitu doang yang dikerjakan dan ngga layak disebut sebagai pekerjaan) " Biaya apa? udah ga usah, kalau yang kaya begini dikenain biaya mah keterlaluan atuh dee....udah ga ada yang harus dibayar, terus silahkan fokus lengkapin hal-hal yang kurang buat persiapan tes berikutnya...yang penting kan serius dan belajar terus...ini saya liat kalian aja dah bangga banget ada ikhtiar usaha kerasnya ngurusin ginian, mungkin orang lain blm tentu semaksimal ini....sudah sudah gpp bawa aja..."

Suasana hening sejenak..lalu gadis yang berhijab duduk lemas sambil mengucapkan Subhanallah..subhanallah...alhamdulillah...alhamdulillah...lalu menangis sesenggukan sambil memeluk teman yang satunya lagi, kondisi ini berlangsung lumayan lama...suasana ruangan coqelat jadi haru sekali....mungkin orang yang melihat dari luar bingung "ada apa yah tuh didalam"...aku sendiri jadi kikuk melihat situasi seperti ini, jadi ya hanya menunggu saja kedua gadis ini menyelesaikan tangisannya.....setelah selesai kedua gadis ini berdiri meninggalkan ruangan sambil mentapku dengan pandangan sayu sambil mengucapkan....terima kasih pak...terima kasih pak...terima kasih pak....lalu keluar dan kulihat mereka langsung menyetop angkot menuju rumahnya. Tak lama kemudian pun aku pun bergegas menuju mobil butut kuningku untuk pulang, didalam mobil anehnya aku kembali memikirkan kejadian barusan....kejadian yang begitu cepat, biasa tapi kok rasanya penuh dengan nuansa hikmah.....Huuufffhhh semoga saja membawa kebaikan...

Sebulan berlalu setelah peristiwa malam itu, siang ketika aku sedang menuju ke mejaku, maklum saja aku datang siang hari itu ke workshop....cuma heran di mejaku ada bungkusan plastik putih dengan wangi yang harum...ketika kubuka, ternyata paket makan siang Hoka Hoka Bento entah siapa yang menaruh dimejaku....Aku pun menanyakan kepada karyawanku punya siapa bungkusan makan siang itu, salah seorang adminku ku bilang "Oh iya mas itu tadi dari orang nitip katanya buat Mas Agus dari perempuan kerudungan pake masker gitu sih..terus pergi lagi!....
Aku pun bertanya-tanya sambil mengingat-ingat siapa gerangan wanita yang menitipkan itu....ketika aku buka box nasinya ternyata ada amplop berisi uang dan suratnya bertuliskan :

 "Saya masih berasa berhutang entah sama coqelat atau sama Bapak...Terima Kasih atas bantuannya malam itu....dan Tolong untuk ini jangan ditolak"!!

Senyum senyum kecut aku baca tulisan ini....rejeki nomplok siang-siang baru sampe dapet Hokben makan siang gratis....sungguh betul betul unik kejadian itu, jadi berasa misterius gimana gitu. Tetapi aku masih lupa dan tidak tau apa maksud dari tulian dalam surat itu. Setelah hari itu sudah tidak pernah ada wujud hokben dan kiriman lagi sampai akupun benar benar sudah melupakan semua tentang peristiwa itu.

Setahun lebih kemudian, seperti biasanya aktivitasku pun masih seperti biasa, cuma memang saat itu sedang dalam perencanaan workshop coqelat akan pindah ke gedung baru di daerah kelapa dua. Saat itu siang pukul 02.15 wib kurang lebihnya ada kejadian unik yang mengulang kembali ke peristiwa setahun lalu....saat itu aku sedang menuju ke mejaku dari belakang.....Kulihat ada bungkusan hokben lagi dengan sepucuk surat diatasnya...hal misterius setahun lalu terjadi lagi.

Sebelum aku buka bungkusan, seperti biasa aku bertanya dulu ke adminku."Raa..ini ada bungkusan, siapa yang ngirim tadi ngga ada kok?"
Adminku menjawab, itu paak tadi perempuan nitipin itu barusan ajaa keluar, tapi katanya sih mau balik lagi..."
Hmmm...aku jadi penasaran dengan perempuan misterius itu, aku buka surat kecil diatas hokbennya lalu kubaca, disitu tertulis

"Terima kasih sekali lagi untuk malam itu, satu tahun yang laluMet makan siang ya pak"! 

begitu singkat,jelas, padat, dan bikin deg-degan. Aku kemudian segera menyantap hidangan hokben paket spesial yang sudah kubuka.

Ditengah-tengah aku menyantap makanan, kemudian perwmpuan yg dimakaud oleh adminku datang kembali, dan tentunya perwmpuan yg aku cari-cari karena sukses bikin aku penasaran dan tenggelam dalam kemisteriusan. Sungguh aku tidak mengwnali wajahnya, dari kursi tunggu customer ada seorang gadis dengan hijab panjang yang rapih  merambai-rambai tampak cantiik sekali, senyum-senyum melihatku, karena jaraknya juga tidak terlalu jauh lalu dia menganggukan wajah serta melambaikan tangannya sambil berkata "Assalamu'alaikum Pak"....Wajahnya familiar tapi samar-samar,tampak dewasa,tapi aku lupa siapa orang ini....(kok gue deg-degan ya) huuufft!

"Walaikumsalam jawabku, sini masuk sini"...aku mempersilahkannya duduk di kursi depanku, kuperhatikan perempuan itu tersenyum menuju kursi yg aku persilahkan.

Perempuan itu berkata lagi...Habisin loh pak makanannya..hehehe...Pak saya yang waktu itu malem-malem dateng minta kecilin foto buat ngirim formulir pendaftaran online, yang nangis-nangis malu-maluin....."sedikit kaget karena perubahannya... (sekarang ABG itu sudah berdiri sebagai mahasiswi dari perguruan tinggi negri di kota bandung).
Aku :..."Ooo..ya..ya..ya yang malem-malem nangis itu yaaaa...saya inget nih, saya ingetnya ya karena kalian nangis itu, ya ampuun berubah banget kamu yaa,  gimana di terima ngga waktu itu"?
Gadis itu : Alhamdulillah Pak saya diterima di ITB...tenyata memang sudah di takdirkan semua ya pak dimulai dari malam itu....seandainya saya waktu itu ngga masuk kedalam, atau seandai-andainya yg lain...emang Allah dah rencanain skenarionya...
Aku..: He..he..he
Gadis itu : Ini pas aku lagi ke depok pak jadi mampir, mau bilang terima kasih sama ngabarin kalau di terima...waktu dulu saya kesini juga, cuma buru-buru ngga sempet ketwmu bapak dan lupa juga minta no telepon....
Aku : ...Iyaaa...kamu jadi misterius gitu dan bikin orang penasaran...malahan sayanya akhirnya lupa, hmmm....tapi ini berkesan sekali, makasih ya hokbennya, pake ada suratnya segala kaya di film aja Ledekku...
Gadis itu : "hahaha...aku sengajaa paak, ngebayangin bapak juga sih pasti penasaran..haha"
sedikit cair akhirnya saat itu terjadi obrolan singkat seputar kuliahnya..lalu tak lama berselang dia pun pamit pulang dengan senyum khasnya dan kata "Tenang aja pak sekarang saya mah dah ga nangis lagi deh dijamin.", lalu aku jawab kalau masih nangis ke sini ajaH a..ha..ha..ha..sambutku...

Ternyata kadang hal kecil yang kadang kecil dan remeh buat kita walaupun itu berupa kebaikan, namun bisa merubah hidup dan menjadi bagian terpenting bagi orang lain...hikmah dari kejadian ini adalah jangan pernah meremehkan atau menyepelekan perbuatan baik yang kadang kita malas untuk melakukannya.....

selesai

4 komentar:

  1. Inspiring, Mas.. Sungguh satu kebaikan yang tak pernah diduga, bisa menentukan nasib seseorang. Salut Mas...

    BalasHapus
  2. Keren ceritanya mas,
    Aku pernah baca kalau kebaikan itu akan kembali lagi, dengan nilai yg lebih besar (kurang lebih begitu intinya)..

    Yg penting harus ikhlas dan jangan pernah berhenti menabur kebaikan..

    BalasHapus
  3. Keren mas artikelnya, kebaikannya ternyata mempunyai dampak yang besar buat orang lain. Mantap...

    BalasHapus

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Popular Posts

agusonpapers. Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook